NISSAN GT – R/C, MOBIL PERTAMA DI DUNIA YANG DIKENDALIKAN SEUTUHNYA MELALUI STIK GAMES MAMPU MELESAT HINGGA 130 MPH DI SILVERSTONE

  • Nissan menyatukan keseruan bermain games virtual dengan realita melalui Nissan GT-R /C, mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan seutuhnya melalui stik DualShock®4
  • Pemenang Nissan GT Academy dan pembalap NISMO Jann Mardenborough mengendalikan supercar ini hingga kecepatan 130 mph, dari kokpit helikopter di lintasan Silverstone.
  • Saksikan bagaimana Jann Mardenborough mengemudikan GT-R / C di:

London, Inggris (17 Oktober 2017) – Nissan telah menciptakan Nissan GT-R /C, mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan melalui stik games.

Merayakan peluncuran game Gran Turismo Sport di Eropa pada 18 Oktober serta memperingati 20 tahun keterlibatan Nissan dalam seri permainan Gran Turismo, project car tersebut dimodifikasi secara ekstensif agar dapat sepenuhnya dikendalikan melalui DualShock®4.

Mobil GT-R dapat dikendalikan hanya dengan menggunakan tombol atau joystick pada DualShock®4. Kendaraan dengan kendali jarak jauh ini mampu mencapai kecepatan hingga 196 mph tanpa ada yang duduk di belakang kemudi.

Kecepatan GT-R / C dites oleh pembalap NISMO Jann Mardenborough di Silverstone. Jann mengendalikan GT-R / C dari kokpit helikopter Robinson R44 Raven II, yang telah memiliki ijin khusus untuk terbang dengan kerendahan yang telah disetujui.

Mardenborough adalah salah satu pemenang tersukses Nissan GT Academy, program revolusioner dari Nissan yang mencari dan mengembangkan para gamers menjadi pembalap sungguhan. Jann adalah pembalap pertama yang diusulkan untuk mengendarai GT-R / C karena bakatnya yang tak tertandingi di Gran Turismo dan balapan sesungguhnya.

Nissan telah mempersembahkan kreativitas dan inovasi terbaiknya untuk dunia balap selama lebih dari 80 tahun dengan memadukan teknologi dan performa untuk keunggulan yang kompetitif. Sejak 2008, Nissan juga membuat dunia balap menjadi lebih mudah diakses oleh publik melalui Nissan GT Academy, yang dapat mengubah para pecinta games menjadi pembalap profesional.

GT-R /C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd., menggunakan mesin spek R35 542 bhp V62011– tahun yang sama Jann Mardenborough memenangkan Nissan GT Academy.

Pada putaran tercepat yang dicatat Mardenborough (1:17:47), kecepatan rata-rata GT-R / C mencapai 76 mph / 122 kph dan kecepatan tertinggi di 131 mph / 211 kph. Sementara, kecepatan rata-rata pada sirkuit sepanjang 1.6 mil/ 2.6 km ini adalah sekitar 83 mph / 134 kph. GT-R / C dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemudi, transmisi, rem dan tuas gas. Enam komputer dipasang untuk memperbaharui kendali hingga 100 kali per detik. Posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi.

Kendali DualShock®4 tanpa modifikasi terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R / C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer.

Untuk membantu Mardenborough menilai kecepatan kendaraan di tikungan, sensor Racelogic VBOX Motorsport dipasang untuk mengirimkan data kecepatan ke layar LCD di bagian kokpit helikopter.

GT-R / C juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda. Hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan melakukan pengereman ABS penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali.

GT-R

James Brighton, JLB Design Ltd menerangkan; “GT-R / C telah menghadirkan beragam tantangan unik dan sejumlah pengalaman rekayasa pertama bagi kami. Kami harus memastikan pengoperasian robotik yang efektif selama akselerasi / perlambatan, dan juga kekuatan dalam tikungan yang tajam; memberikan kendali yang nyata dan mengamankan mobil dalam segala kecepatan; menjaga hubungan yang kuat antara mobil dan DualShock®4 dengan jarak yang bervariasi dan dengan keadaan minimal pada waktu robot beraksi.

“Saya senang untuk mengatakan semua tantangan ini dapat dilewati, tapi hal ini juga tidak terlepas dari kemampuan unik Jann yang dapat menguasai kendali kendaraan dalam waktu yang sangat singkat dan menghasilkan times lap yang benar-benar mengesankan.”

Jann Mardenborough menambahkan; “Ini merupakan mobil yang hebat sekali dan menjadi pengalaman pertama seumur hidup. GT-R / C telah meleburkan dua dunia saya – virtual game dan dunia balap – dengan cara yang tidak terduga. Reaksi dari mobil saat dikendalikan dari jarak jauh lebih menarik daripada yang saya bayangkan. Rancangan yang dilakukan JLB sangtlah luar biasa dalam membuat semuanya bereaksi dengan sangat baik.

“Kemudi, akselerasi dan pengereman dikonfigurasi dengan baik dan memberikan kendali yang luar biasa sehingga saya dapat merasakannya saat melalui tikungan maupun lintasan lurus. Mengendarai GT-R dengan kendali jarak jauh dengan tenaga penuh hingga mencapai131 mph di Silverstone sambil mengejarnya di helikopter merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Inilah bukti ‘Innovation that Excites’ dari Nissan!”

Pada 2018, Nissan GT-R / C akan dibawa tur ke sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris untuk mempromosikan karir masa depan di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik dan Matematika.

GT-R

Tentang GT-R R35

Pada bulan Oktober 2007, 10 tahun yang lalu di bulan ini, Nissan meluncurkan R35 GT-R di Tokyo Motor Show.

Sejak peluncurannya, Nissan GT-R telah menjadi ujung tombak sektor mobil sport premium. Mobil dengan empat tempat duduk ini menawarkan sebuah kinerja tanpa kompromi untuk pengemudi yang kerap mencari pengalaman berkendara yang menyenangkan. Mobil ini juga berhasil merepresentasikan semangat “Innovation that Excites” dari Nissan.

Di 2017, GT-R diperbarui secara signifikan agar terus menjadi bahan perbincangan penggemar mobil di seluruh dunia.

Nisan GT-R MY17 memiliki tampilan luar dan dalam yang menarik serta peningkatan kinerja dalam mengemudi di area-area utama, termasuk kerangka mobil yang telah diperbaharui serta mendapat asupan tenaga yang lebih dari mesin twin-turbocharged berkapasitas 3.8-liter 24-valve V6. GT-R MY17 juga menyediakan kenyamanan yang belum pernah ditawarkan sebelumnya dengan interior elegan berkualitas premium. Pembaharuan ini mewakili perubahan yang signifikan pada R35 GT-R sejak diluncurkan pada 2007.

Tentang GT Sport

Dirilis pada Rabu, 18 Oktober di Inggris, Eropa dan wilayah Australasia, Grand Turismo Sport membawa era baru untuk permainan balap melalui permainan tunggal dan mode online game-nya yang mudah diakses.

Mode permainan terdiri dari Arcade Mode tradisional sampai model balapan online yang kompetitif dan sesuai peraturan FIA. Gran Turismo Sport membentuk standar baru untuk genre balap dengan mendukung gamer mengembangkan karir virtual mereka di bidang ini dengan menyediakan deretan mobil tercepat yang dipakai pembalap masa kini.

Permainan tersebut akan kompatibel di seluruh ekosistem PlayStation®: PlayStation®4, PlayStation®4 Pro dan PlayStation® VR.

Gamer akan dapat mengendarai kendaraan tercepat dan yang paling diminati di dunia dengan lebih dari 158 mobil yang tersedia, seperti kendaraan konsep Vision Grand Turismo, prototipe ekslusif Grand Turismo Sport serta mobil terbaik di dunia balap.

Balapan akan digelar di 17 lokasi dengan 40 tampilan yang berbeda, mulai dari “Tokyo Expressway” yang legendaris, serta Nürburgring Nordschleife (North Loop) yang sangat populer, sampai beberapa trek baru lainnya, seperti “Northern Isle Speedway” berjarak setengah mil yang berbentuk oval.

GT-R

Tentang Jann Mardenborough

Jann Mardenborough adalah salah satu pemenang Nissan GT Academy paling sukses, program pencarian dan pengembangan pembalap revolusioner persembahan Nissan. Sejak 2008, program ini telah mengubah pemain terbaik Gran Turismo menjadi pembalap di dunia nyata.

Jann memenangkan Nissan GT Academy pada 2011 dan menjadi pemenang pertama yang mengikuti balapan single-seaters. Pada 2014, ia menjadi pemenang dari GP3 Race bersama Arden Motorsport saat ia mengikuti program pengembangan Infiniti Red Bull Racing. Selain di single-seaters, Jann juga menampilkan performa menakjubkan ketika mengendarai mobil Ligier-Nissan LM P2 pada Le Mans 24 Hours 2014.

Pada 2015 Mardenborough menjadi salah satu pemenang Nissan GT Academy pertama yang berlomba di LM P1 untuk Nissan dan melanjutkan karir single seater-nya di GP3.

Mardenborough kemudian pindah ke Jepang pada 2016 dan menorehkan prestasi mengesankan sebagai penantang juara kelas GT300 di Super GT dan Formula 3 Jepang. Memenangkan balapan di kedua kejuaraan, Jann lolos ke GT500 di Super GT dan juga kejuaraan utama single-seater di Jepang, Super Formula di 2017.

Jann saat ini memperkuat Team Impul di Nissan GT-R GT500 GT500 2017 di Super GT Series Jepang.

Tentang JLB Design Ltd.

Rekayasa remote control dilakukan oleh Dr James Brighton dan timnya di JLB Design.

James telah membangun lebih dari 70 kendaraan kontrol jarak jauh, termasuk mobil, perahu, bus dan truk selama 15 tahun terakhir dan memiliki pengalaman lebih dari 23 tahun dalam rekayasa dan pengembangan kendaraan bermotor, mobil balap dan kendaraan off road.

Bagi JLB Design Ltd., Nissan GTR / C adalah kendaraan tercepat dan paling canggih yang mereka bangun. James juga mengelola Advanced Vehicle Engineering Center di Cranfield University yang mengkhususkan diri dalam riset, desain, pengembangan dan pengajaran terapan dalam berkaitan dengan teknologi kendaraan canggih untuk otomotif, off road dan mobil balap bersamaan dengan pengembangan bahan ringan dan nanoteknologi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s